Jumat, 09 Mei 2014

RESUME PERTEMUAN KE-10 (5 MEI 2014) MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN "KEPUTUSAN HARGA"

Resume perkuliahan 5 mei 2014 pertemuan ke 10 tentang “KEPUTUSAN HARGA”
Price
Price adalah sejumlah uang yang dikenakan terhadap suatu produk atau jasa, atau sejumlah nilai yang ditukarkan konsumen untuk mendapatkan manfaat dalam memiliki atau menggunakan suatu produk atau jasa.
Pertimbangan dalam Harga
1.     Factor internal:              
  • Tujuan pemasaran
  • Startegi bauran pemasaran
  • Biaya
  • Pertimbangan organisasi

2.    Factor eksternal:            
  • Pasar dan permintaan
  • Persaingan
  • Factor lainnya (ekonomi, penjualan kembali, kebijakan pemerintah)

 Menentukan kebijakan penetapan harga
1.     Memilih tujuan penetapan harga
  • Pendekatan penetapan harga:
  • Permintaan di pasar sasaran
  • Strategi bisnis dan pemasaran: 
  • Diferensiasi produk
  • Harga pesaing
  • Harga barang substitusi (harga barang pengganti)
  • Biaya produksi (yang dianggap sebagai unit cost)

PENDEKATAN PENETAPAN HARGA
a.    Cost-based pricing
Menambahkan “mark up” terhadap biaya suatu produk        
Unit cost = variable cost + fixed cost/Unit sales
Markup Price = unit cost/(1-desired return on sales)       
b.    Break even analysis and target profit pricing
Menetapkan harga untuk mencapai titik impas dalam membuat dan memasarkan suatu produk atau menetapkan harga dalam mencapai target profit
Break-even volume: Fixed cost/Price - variable Cost
c.    Value-Based Pricing
Menetapkan harga berdasarkan persepsi pembeli teradap suatu nilai dibandingkan dengan biaya penjual.
Cost-based pricing
Product => cost => price => value =>customers
Value-based Pricing

Customers => Value => Price => Cost =>Product
d.    Competition-Based Pricing
Menetapkan harga berdasarkan harga yang ditetapkan pesaing untuk jenis produk yang serupa.

STRATEGI PENETAPAN HARGA PRODUK BARU
Market-Skimming Pricing
          Menetapkan harga yang tinggi utk produk baru untk mendapatkan pendapatan maksimum dari segmen yang bekeinginan utk membayar harga yg tinggi => Fewer but more profitable sales.
Market-Penetrion Pricing
Menetapkan harga yang rendah untuk produk baru untuk menarik pembeli yang banyak dan pangsa pasar yang besar.
Strategi Penyesuaian Harga
Strategi
Deskripsi
Discount and allowance pricing
Mengurangi harga untuk memberikan penghargaan kpd konsumen
Segmented Pricing
Menyesuaikan harga terhadap pelanggan, produk, atau lokasi yang berbeda
Psychological Pricing
Menyesuaikan harga terhadap efek psikologis
Promotional pricing
Mengurangi harga sementara untuk meningkatkan penjualan jangka pendek
Geographical Pricing
Menyesuaikan harga sesuai dengan letak geografis/ letak konsumen
International pricing
Menyesuaikan pasaran internasional

Penetapan harga diskriminasi
  1. Segmen Pelanggan
  2. Bentuk Produk
  3. Lokasi
  4. Waktu

Penetapan Harga Psikologis
Contoh :
Obat A 200ml Rp. 20.000 100/unit
Obat B 175ml Rp. 18.900 126/unit
Jadi Asumsi nilainya pun sama, apakah pertimbangannya?
-      Lebih menarik?
-      Nilai lebih baik?
-      Psikologi harga? (lebih banyak atau sedikit jumlahnya)
 Penetapan Harga Promosi
  • Kepemimpinan harga merugi (Superarket)
  • Penetapan harga untuk even special
  • Potongan harga
  • Pembiayaan bunga rendah
  • Pembayaran jangka panjang
  • Garansi & pelayanan
  • Diskon psikologis

Pertimbangan Dasar Keputusan Harga untuk Dipasarkan di LuarHome Country
  1. Apakah harga mencerminkan kualitas?
  2.  Apakah harga kompetitif?
  3. Apakah perusahaan harus menjalankan market penetration, market skimming atau tujuan lainnya?
  4. Tipe discount  dan allowance  yang bagaimana yang harus ditawarkan bagi pelanggan internasional?
  5. Apakah harga harus berbeda bagi segmen yang berbeda?
  6. Keputusan harga yang bagaimana yg harus diambil apabila biaya perusahaan menurun atau meningkat? Apakah permintaan elastis atau inelastis?

Market Holding
Strategi ini sering dipergunakan oleh perusahaan yang ingin memepertahankan pangsa pasar.
Dalam pasar global terjadi disebabkan karena fluktuasi nilai mata uang yang menyebabkan harus diadakannya penyesuaian harga. 
Pengaruh Lingkungan terhadap keputusan Harga
1.     Fluktuasi nilai mata uang
2.    Klausul nilai tukar
3.    Penetapan harga wilayah yang mengalami inflasi
4.    Campur tangan dan subsidi pemerintah
5.    Perilaku pesaing
6.    Hubungan harga dan kualitas 
Transfer Pricing
Penetapan harga dari produk atau jasa yang dibeli atau dijual oleh unit operasi atau divisi dari perusahaan yang sama. Berkaitan dengan pertukaran intrakorporasi- transaksi antara pembeli dan penjual yang memiliki perusahaan induk yang sama.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar