Kamis, 22 Mei 2014

RESUME PERKULIAHAN (19 MEI 2014) "MENENTUKAN BAURAN PROMOSI"

MENENTUKAN BAURAN PROMOSI
Promosi yaitu komunikasi pemasaran dengan menyampaikan pesan yang terkandung di dalam produk tersebut, seperti harga, cara membuat, cara mendapatkan produk.
Menentukan Bauran Promosi ada 4 :
A. Periklanan (advertising)
Periklanan merupakan segala biaya yang harus dikeluarkan sponsor untuk melakukan presentasi dan promosi non pribadi dalam bentuk gagasan, barang, atau jasa, dan ini yang paling sering digunakan  pada promosi, contohnya, melalui media cetak dan media elektronik, dan Iklan merupakan promosi yang banyak digunakan serta dalam melakukan periklanan harus jelas tujuannnya.
Keputusan Penting dalam Periklanan
  • Penetapan tujuan terdiri dari tujuan komunikasi dan tujuan penjualan.
  • Keputusan harga mencakup pendekatan sesuai kemampuan presentase penjualan menyamai pesaing, tujuan dan tugas.
  • Keputusan pesan terdiri dari strategi pesan dan pelaksanaan pesan.
  • Keputusan media terdiri dari jangkauan, frekuensi, dampak tipe-tipe media utama, wahan media, pengambilan waktu untuk media.

Keputusan penting dalam periklanan
1. Menetapkan Tujuan Iklan
Memberi informasi, Membujuk dan Mengingatkan
2. Menetapkan Anggaran Periklanan
Faktor spesifik yang harus dipertimbangkan pada waktu menetapkan anggaran periklanan
  •          Tahapan di dalam PLC
  •          Pangsa pasar
  •          Persaingan dan kesemerawutan
  •          Frekuensi periklanan
  •          Differensiasi produk

3. Strategi Iklan
Penciptaan pesan iklan dan  Penyeleksian media
Langkah utama dalam menyeleksi media :
  •          Menentukan jangkauan frekuensi dan dampak
  •          Tipe media utama
  •          Wahana media
  •          Waktu penayangan

4. Evaluasi periklanan
5. Mengorganisasikan periklanan (siapa yang terlibat)

B. Promosi Penjualan (sales promotion)
Merupakan Insentif jangka pendek untuk mendorong pembelian/ penjualan dari suatu produk atau jasa.
Keputusan penting dalam promosi penjualan:
  1.          Menentukan tujuan promosi
  2.          Menyeleksi alat-alat promosi penjualan
  3.          Menyusun program promosi penjualan
  4.          Melaksanakan pra pengujian terhadap program promosi penjualan
  5.          Melaksanakan dan mengendalikan program promosi penjualan
  6.          Evaluasi hasil penjualan, meliputi barang, lokasi personil, dan sebagainya.

C. Hubungan Masyarakat
Hubungan masyarakat adalah Membangun hubungan yang baik dengan berbagai publik perusahaan. Untuk mencapai publisitas yang menguntungkan, membangun citra koorporasi, dan menangani rumor yang tidak menguntungkan.
 Keputusan utama hubungan masyarakat, yaitu :
  1. Menetapkan tujuan hubungan masyarakat
  2. Memilih wahana masyarakat dan pesan
  3. Mengimplementasi evaluasi
  4. Evaluasi

D. Personal Selling
Personal selling adalah penjualan yang menggunakan kekuatan personal agar orang/customer dapat membeli produk yang dijual atau mempengaruhi seseorang untuk membeli suatu produk.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar