MENENTUKAN BAURAN PROMOSI
Promosi yaitu
komunikasi pemasaran dengan menyampaikan pesan yang terkandung di dalam produk
tersebut, seperti harga, cara membuat, cara mendapatkan produk.
Menentukan
Bauran Promosi ada 4 :
A. Periklanan (advertising)
Periklanan
merupakan segala biaya yang harus dikeluarkan sponsor untuk melakukan
presentasi dan promosi non pribadi dalam bentuk gagasan, barang, atau jasa, dan
ini yang paling sering digunakan pada
promosi, contohnya, melalui media cetak dan media elektronik, dan Iklan
merupakan promosi yang banyak digunakan serta dalam melakukan periklanan harus
jelas tujuannnya.
Keputusan Penting dalam Periklanan
- Penetapan tujuan terdiri dari tujuan komunikasi dan tujuan penjualan.
- Keputusan harga mencakup pendekatan sesuai kemampuan presentase penjualan menyamai pesaing, tujuan dan tugas.
- Keputusan pesan terdiri dari strategi pesan dan pelaksanaan pesan.
- Keputusan media terdiri dari jangkauan, frekuensi, dampak tipe-tipe media utama, wahan media, pengambilan waktu untuk media.
Keputusan
penting dalam periklanan
1. Menetapkan Tujuan Iklan
Memberi
informasi, Membujuk dan Mengingatkan
2.
Menetapkan Anggaran Periklanan
Faktor
spesifik yang harus dipertimbangkan pada waktu menetapkan anggaran periklanan
- Tahapan di dalam PLC
- Pangsa pasar
- Persaingan dan kesemerawutan
- Frekuensi periklanan
- Differensiasi produk
3.
Strategi Iklan
Penciptaan
pesan iklan dan Penyeleksian media
Langkah
utama dalam menyeleksi media :
- Menentukan jangkauan frekuensi dan dampak
- Tipe media utama
- Wahana media
- Waktu penayangan
4.
Evaluasi periklanan
5.
Mengorganisasikan periklanan (siapa yang terlibat)
B. Promosi Penjualan (sales
promotion)
Merupakan
Insentif jangka pendek untuk mendorong pembelian/ penjualan dari suatu produk
atau jasa.
Keputusan
penting dalam promosi penjualan:
- Menentukan tujuan promosi
- Menyeleksi alat-alat promosi penjualan
- Menyusun program promosi penjualan
- Melaksanakan pra pengujian terhadap program promosi penjualan
- Melaksanakan dan mengendalikan program promosi penjualan
- Evaluasi hasil penjualan, meliputi barang, lokasi personil, dan sebagainya.
C. Hubungan Masyarakat
Hubungan
masyarakat adalah Membangun hubungan yang baik dengan berbagai publik
perusahaan. Untuk mencapai publisitas yang menguntungkan, membangun citra
koorporasi, dan menangani rumor yang tidak menguntungkan.
Keputusan
utama hubungan masyarakat, yaitu :
- Menetapkan tujuan hubungan masyarakat
- Memilih wahana masyarakat dan pesan
- Mengimplementasi evaluasi
- Evaluasi
D. Personal Selling
Personal
selling adalah penjualan yang menggunakan kekuatan personal agar orang/customer
dapat membeli produk yang dijual atau mempengaruhi seseorang untuk membeli
suatu produk.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar