Minggu, 14 Desember 2014

DISKUSI KEKOMPOK MATERI 10 TENTANG "KUALITAS PELATIHAN" (8 desember 2014)

Pada pertemuan perkuliahan manajemen diklat tanggal 8 desember diruang D.S 306 membahas tentang materi mengenai Kualitas pelatihan, yaitu berikut ini adalah rangkuman penjelasannya :

Kualitas pelatihan adalah totalitas dari karakteristik suatu pelatihan yang  dapat diukur melalui perbandingan hasil pelatihan dengan target/ tujuan dari pelatihan tersebut. Kemudian di jelaskan adanya Tujuan pelatihan adalah untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap karyawab serta meningkatkan kualitas dan produktivitas organisasi secara keseluruhan sehingga organisasi menjadi lebih kompetitif. Dengan kata lain, dapat disimpulkan bahwa pelatihan yang berkualitas adalah pelatihan yang dapat meningkatkan kinerja karyawan dan pada gilirannya akan meningkatkan daya saing karyawan tersebut. Untuk mengetahui apakah pelatihan telah meningkatkan kinerja

Dalam rangka untuk mendapatkan efektivitas pelatihan, maka pelatihan tersebut harus diukur, sangat penting untuk memulai hal ini dengan pemahaman tentang konsep validitas pelatihan. Untuk mendapatkan ukuran wajar efektivitas pelatihan , tujuan program pelatihan harus dipahami dengan jelas sebelum dilakukan training sehingga bisa mencapai tujuan organisasi yang akan dicapai. Kemudian apabila perusahaan menginginkan kualitas sumber daya yang dimiliki bagus, hal pertama yang dilakukan adalah dengan memilih topik atau materi training yang tepat.

Setelah tujuan program pelatihan telah ditetapkan, ukuran paling tepat dari efektivitas pelatihan hanyalah sebuah tes apakah peserta benar-benar memahami training tersebut dengan menampilkan pola-pola perilaku yang berbeda sebagai hasil dari mengikuti pelatihan. Jika tidak, hal itu tidak bisa dikatakan pelatihan tersebut efektif.

Jika training tersebut memiliki tujuan yang tepat, dirancang dengan baik dengan konten yang solid sehingga peserta dapat belajar bagaimana untuk mencapai tujuan dan peserta harus bertanggung jawab untuk menggunakan apa yang mereka pelajari. Hal ini nantinya akan berdampak perubahan perilaku peserta.

Evaluasi training biasanyadilakukan diakhir sesi training atau pelatihan yang akan memberikan feedback berguna bagi semua pihak yang terlibat. Yaitu :
  1. Bagi peserta training, evaluasi training dapat memberikan feedback berupa seberapa signifikannya training tersebut mempunyai impact bagi pekerjaannya, perubahan bagi dirinya, kecocokan program dan manfaat-manfaat.
  2. Bagi perusahaan, Evaluasi training berguna untuk mengetahui apakah training yang telah diikuti karyawannya dapat meningkatkan kinerja karyawan atau tidak, apakah karyawan puas dengan training tersebut, sampai pengukuran produktivitas secara keseluruhan.
  3. Bagi sang trainer, dapat memberikan feedback tentang apakah peserta puas dengan isi program training, kedalaman materi training, caranya mengajar, caranya menyalurkan ilmunya dan sebagainya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar