Senin, 06 Oktober 2014

RANGKUMAN PERKULIAHAN MANAJEMEN DIKLAT (6 oktober 2014)

Pada pertemuan mata kuliah manajemen pelatihan pada tanggal 6 oktober 2014 yang berada di kelas D.S 306 yaitu tentang mengananlisis materi dari topik 3 dan membuat PPT yaitu tentang pentingnya pelatihan dan kajian pelatihan dengan MSDM, berikut adalah hasil rangkuman dari materi topik 3

PENTINGNYA PELATIHAN DAN KAJIAN PELATIHAN DENGAN MSDM
Pelatihan dan pengembangan dapat membantu untuk menjamin bahwa anggota organisasi memiliki pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjalankan pekerjaan secara efektif, mengambil satu tanggung jawab baru, dan beradaptasi dengan perubahan kondisi.
Pelatihan ini terfokus pada pengajaran anggota organisasi (sumber daya manusia) tentang bagaimana mereka dapat menjalankan pekerjaan dan membantu mereka mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang di butuhkan untuk kinerja yang efektif. Dengan melakukan pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam instansi, maka diharapkan kinerja dalam perusahaan akan semakin meningkat dan maksimal.

PERAN PELATIHAN
  1. Memutakhirkan keahlian seorang individu sejalan dengan perubahan teknologi.
  2. Melalui pelatihan, pelatih (trainer) memastikan bahwa setiap individu dapat secara efektif menggunakan teknologi-teknologi baru.
  3. Mengurangi waktu belajar seorang individu baru untuk menjadi kompeten dalam pekerjaan.
  4. Membantu memecahkan persoalan operasional.
  5. Mengorientasikan setiap individu terhadap organisasi.
  6. Memberikan kemampuan yang lebih tinggi dalam melaksanakan tugas dalam bekerja.
  7. Meningkatkan tingkat professionalisme para karyawan.


TUJUAN UTAMA PELATIHAN
Tujuan utama dari pelatihan  ini adalah untuk mengatasi kekurangan-kekurangan para sumber daya manusia dalam bekerja yang disebabkan oleh kemungkinan ketidakmampuan dalam pelaksanaan pekerjaan, dan sekaligus berupaya membina mereka agar menjadi lebih produktif.

ANALISIS KEBUTUHAN PELATIHAN
Analisis kebutuhan adalah penentuan kebutuhan pelatihan dan pengembangan yang akan dilakukan. Kegiatan ini sangat penting , rumit , dan sulit.  Di katakan sangat penting sebab di samping menjadi landasan kegiatan selanjutnya seperti pemilihan metode pelatihan yang tepat , biaya pelatihan nya tidak murah sehingga bilamana pelatihan tidak sesuai dengan kebutuhan , selain tidak meningkatkan kemampuan organisasi juga akan menghabiskan banyak biaya.

Selanjutnya di katakan rumit dan sulit sebab perlu mendiagnosis kompetensi organisasi pada saat ini dan kompetensi yang di butuhkan sesuai dengan kecenderungan perubahan situasi lingkungan yang sedang di hadapi dan yang akan dihadapi pada masa yang akan datang.


kelompok 6 :
ACHMAD FAISAL
HANDARY INGGRID
INDAH KUSUMA PRADINI
LELY ESTER
RAHMA YULIDA

Dan disusun oleh LELY ESTER



Tidak ada komentar:

Posting Komentar