Jumat, 07 Maret 2014

SEGMENTASI DAN TARGETING PASAR JASA PENDIDIKAN

Perkuliahan Manajemen Pemasaran selanjutnya pada pertemuan ke-4 yaitu pada tanggal 3 Maret 2014 yang ada pertemuan kali ini berada di student corner atau yang sering di sebut SC yang berada ada di depan ruang jurusan MP bersama Dr. Amril Muhammad, SE, M.Pd serta bersama kakak-kakak dari tahun 2010 yang sedang menyusun skripsi dan secara kebetulan kakak itu yang menjelaskan materi pada pertemuan kali ini, materi yang di sampaikan adalah tentang “segmentasi dan targeting pasar jasa pendidikan”

mengenai segmentasi pasar. Segmentasi adalah suatu proses membagi pasar yang heterogen kedalam segmen-segmen homogen yang spesifik teridentifikasi yang menjadi target pemasaran. Segmentasi sangat penting dilakukan agar perusahaan lebih mudah dalam melakukan targetting. Target yang baik dan efektif dapat menambah profitabilitas bagi perusahaan maupun masyarakat yang menikmati hasil produksi. Segmentasi pasar adalah upaya untuk mengidentifikasi kelompok konsumen dengan cara mengelompokkan konsumen kedalam kelompok-kelompok yang kebutuhan dan keinginannya serupa/ membagi pasar menjadi kelompok pembeli yang dibedakan menurut kebutuhan, karakteristik, atau tingkah laku, yang mungkin membutuhkan produk yang berbeda.

Ada beberapa variabel dalam segmentasi pasar yaitu (1) Geografi, yang terdiri dari wilayah, ukuran kota, dan pendapatan. (2) Demografi, terdiri dari usia, jenis kelamin, siklus hidup keluarga, penghasilan, pekerjaan, pendidikan, agama, dan suku. (3) Psikografi, terdiri dari kelas soaial, gaya hidup dan kepribadian. (4) Perilaku, yang terdiri dari pristiwa, manfaat, status pemakai, tingkat pemakaian, tahap kesiapan dan sikap terhadap produk. Suatu segmen dapat dikatakan efektif jika dapat diukur, besar dan dapat dijangkau.
Setelah kita mengerti tentang segmentasi pasar maka yang selanjutnya adalah targeting pasar. Targeting pasar adalah proses memilih target pasar atau segmen pasar yang akan dilayani kebutuhannya oleh perusahaan.


Dalam menentukan target pasar maka ada beberapa langkah yang harus dilakukan yaitu mengevaluasi segmen pasar, memilih segmen pasar dan mempertimbangkan tambahan dalam mengevaluasi dan memilih segmen. Hal ini dilakukan agar nantinya segmen yang dipilih adalah segmen yang sesuai dengan apa yang diharapkan perusahaan, misalnya segmen tersebut dapat memberikan keuntungan yang besar, perusahaan mampu untuk melayani segmen tersebut karna sesuai dengan sumber daya yang dimiliki perusahaan.

sekian rangkuman perkuliahan pada pertemuan ke-4 kali ini, terima kasih

INDAH KUSUMA PRADINI
1445120039
Manajemen Pendidikan UNJ 2012 (A)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar