Perkuliahan
Manajemen Pemasaran selanjutnya pada pertemuan ke-4 yaitu pada tanggal 3 Maret
2014 yang ada pertemuan kali ini berada di student corner atau yang sering di
sebut SC yang berada ada di depan ruang jurusan MP bersama Dr. Amril Muhammad,
SE, M.Pd serta bersama kakak-kakak dari tahun 2010 yang sedang menyusun skripsi
dan secara kebetulan kakak itu yang menjelaskan materi pada pertemuan kali ini,
materi yang di sampaikan adalah tentang “segmentasi dan targeting pasar jasa
pendidikan”
mengenai
segmentasi pasar. Segmentasi adalah suatu proses membagi pasar yang heterogen
kedalam segmen-segmen homogen yang spesifik teridentifikasi yang menjadi target
pemasaran. Segmentasi sangat penting dilakukan agar perusahaan lebih mudah
dalam melakukan targetting. Target yang baik dan efektif dapat menambah
profitabilitas bagi perusahaan maupun masyarakat yang menikmati hasil produksi.
Segmentasi pasar adalah upaya untuk mengidentifikasi kelompok konsumen dengan
cara mengelompokkan konsumen kedalam kelompok-kelompok yang kebutuhan dan
keinginannya serupa/ membagi pasar menjadi kelompok pembeli yang dibedakan
menurut kebutuhan, karakteristik, atau tingkah laku, yang mungkin membutuhkan
produk yang berbeda.
Ada
beberapa variabel dalam segmentasi pasar yaitu (1) Geografi, yang terdiri dari
wilayah, ukuran kota, dan pendapatan. (2) Demografi, terdiri dari usia, jenis
kelamin, siklus hidup keluarga, penghasilan, pekerjaan, pendidikan, agama, dan
suku. (3) Psikografi, terdiri dari kelas soaial, gaya hidup dan kepribadian.
(4) Perilaku, yang terdiri dari pristiwa, manfaat, status pemakai, tingkat
pemakaian, tahap kesiapan dan sikap terhadap produk. Suatu segmen dapat
dikatakan efektif jika dapat diukur, besar dan dapat dijangkau.
Setelah
kita mengerti tentang segmentasi pasar maka yang selanjutnya adalah targeting
pasar. Targeting pasar adalah proses memilih target pasar atau segmen pasar yang
akan dilayani kebutuhannya oleh perusahaan.
Dalam
menentukan target pasar maka ada beberapa langkah yang harus dilakukan yaitu
mengevaluasi segmen pasar, memilih segmen pasar dan mempertimbangkan tambahan
dalam mengevaluasi dan memilih segmen. Hal ini dilakukan agar nantinya segmen
yang dipilih adalah segmen yang sesuai dengan apa yang diharapkan perusahaan,
misalnya segmen tersebut dapat memberikan keuntungan yang besar, perusahaan
mampu untuk melayani segmen tersebut karna sesuai dengan sumber daya yang
dimiliki perusahaan.
sekian rangkuman perkuliahan pada pertemuan ke-4 kali ini, terima kasih
INDAH KUSUMA PRADINI
1445120039
Manajemen Pendidikan UNJ 2012 (A)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar