Kamis, 27 Maret 2014

Pertemuan ke-6 (24 maret 2014) lanjutan tentang MARKETING MIX

Pada pembahasan kali ini pada pertemuan ke-6 pada tanggal 24 maret 2014 membahas tentang lanjutan 7 komponen dalam marketing mix yaitu people, process dan physical environment. Berikut adalah ringkasan lanjutan materi tentang marketing mix:

Partisipant ( people)
Yang dimaksud partisipan disini adalah karyawan penyedia jasa layanan maupun penjualan, atau orang-orang yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung dalam proses layanan itu sendiri. misalnya dalam jasa kecantikan :diantaranya adalah para reception, dokter, dan beauty therapis.

People yang terdiri dari:
  • Employes (pegawai)
  • Management
  • Culture (budaya)
  • Customer service (pelayanan)

 Manusia itu merepresentasikan bisnis :
  • Manusia membuat image yang sangat penting untuk perusahaan.
  • Sering melakukan kontak dengan orang-orang- apakah ada gambaran abadi yang mereka berikan kepada pelanggan?
  • menambah/meningkatkan pelatihan tentang produk atau pelayanan
  • pernyataan misi, relevan atau tidak kah suatu pernyataan atau misi tersebut?
  • bagaimana staf mempresntasikan budaya yang diinginkan dari bisnis

 Process
Proses adalah kegiatan yang menunjukkan bagaimana pelayanan diberikan kepada konsumen selama melakukan pembelian barang. Pengelola usaha melalui front liner sering menawarkan berbagai macam bentuk pelayanan untuk tujuan menarik konsumen. Fasilitas jasa konsultasi gratis, pengiriman produk, credit card, card member dan fasilitas layanan yang berpengaruh pada image perusahaan.
  1. Proses itu sangat relevan untuk industry jasa, bagaimanakah pelayanan itu di pertimbangkan atau tidak?
  2. Bagaimana cara orang mengkonsumsinya ?
  3. Apakah proses yang dilakukan mereka untuk mendapatkan pelayanan ?
  4. Dimana mereka bisa melakukan service itu :

  •   Contact (kontak)
  • Reminders (di ingatkan)
  • Registration (registrasi)
  • Subscription ( berlangganan)
  • Form filling (pengisian formulir)
  • Degree of technology ( tingkat teknologi)


PHYSICAL ENVIRONMENT
   Lingkungan fisik adalah keadaan atau kondisi yang di dalamnya juga termasuk suasana. Karakteristik lingkungan fisik merupakan segi paling nampak dalam kaitannya dengan situasi. Yang dimaksud dengan situasi ini adalah situasi dan kondisi geografi dan lingkungan institusi, dekorasi, ruangan, suara, aroma, cahaya, cuaca, pelatakan dan layout yang nampak atau lingkungan yang penting sebagai obyek stimuli 
  Keadaan lingkungan fisik sangat menentukan komunikasi pemasaran itu berhasil atau tidak, sebab lingkungan juga berperanan penting dalam hal ini. Konsumen atau pelanggan akan merasa terpuaskan dengan membeili produk kita dengan keadaan dan kondisi lingkungan yang kondusif.

Suasana/kesan lingkungan fisik yang ditunjukan seperti :
  • Smart/Shabby? 
  • Trendy/Klasik/Modern/Old Fashioned? 
  • Light/Dark/Bright/Subdued? 
  • Romantic/Chic/Lood? 
  • Clean/Dirty/Unkempt/Neat? 
  •  Music? 
  • Smell?   

Marketing Mix    
Tergantung pada beberapa Campuran-campuran :
  • Marketing Objectives (sasaran pasar)
  • Type of Product (tipe produk)
  • Target Market (target pasar)
  • Market Structure (posisi pasar)
  • Rival’s Behaviour (perilaku pesaing)
  • Global Issues-culture/religion (global isu budaya/religi)
  • Marketing Position (posisi pemasaran)
  • Product Portofolio
  • Product Licycle (siklus hidup produk)
  • Boston Matrix

 Dari ke 7 komponen di dalam marketing mix berkembang dan di perluas lagi karena sesuai dengan perkembangan zaman maka di tambah dengan ada nya poin POWER dan PUBLIC REALTION (strategi humas agar menjadi lebih efektif)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar