Jumat, 14 Maret 2014

Pertemuan kelima (10 maret 2014) : MARKETING MIX

Pada pembahasan Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan kali ini tepat nya pada tanggal 10 maret 2014 pada pertemuan yang kelima, membahas tentang MARKETING MIX. berikut adalah ringkasan perkuliahan tentang marketing mix:

MARKETING MIX

Marketing mix adalah suatu alat yang tersedia untuk sebuah bisnis untuk melihat reaksi kurang lebih untuk mencari target pasar dalam kaitannya dengan tujuan pemasaran
 Terdapat 7 komponen didalam marketing mix yaitu:
  • produk,
  • harga,
  • tempat,
  • promosi,
  • orang-orang,
  • proses,
  • lingkungan fisik

pada dahulu terdapat 4 komponen karena perkembangan zaman  diperluas menjadi 7 komponen untuk mencakup pertumbuhan industri jasa.
 PRODUCT (produk)

Product (produk) adalah segala sesuatu yang ditawarkan kepada masyarakat untuk dilihat, dipegang, dibeli atau dikonsumsi. Produk dapat terdiri dari
  • Design
  • Teknologi
  • Kegunaan produk
  • Nilai
  • Kualitas produk
  • Pengemasan
  • Kelengkapan
  • Kelengkapan yang lainnya atau aksesoris
  • Merek atau brand
  • Garansi

Produk produk ini sebenarnya item yang konsumen pembelian, termasuk Kemasan, Gambar, iklan jaminan layanan purna jual.
Metode yang digunakan untuk meningkatkan / membedakan produk dan meningkatkan penjualan atau target penjualan lebih efektif untuk memperoleh keunggulan kompetitif .

Adanya Metode yang dipakai pada produk yaitu :         
  • Spesialisasi versi
  • Edisi baru
  • Strategi extensi : produk yang awet
  • Peningkatan
  • Kemasan yang berbeda
  • Teknologi 

PRICE (HARGA) Harga adalah sejumlah nilai tertentu untuk membayarkan produk atau service.

Apa yang dimaksud dengan harga terbaik untuk produk?
  1. Pengisian harga yang tepat adalah bagian yang sangat penting dari bauran pemasaran.
  2. Berapa banyak Anda biaya akan tergantung pada
  3. Berapa biayanya Anda membuat produk Anda
  4. Berapa banyak pesaing Anda pengisian
  5. Apakah Anda sedang mencoba untuk memperkenalkan produk baru
  6. Gambaran yang di inginkan untuk produk yang di inginkan
Keputusan harga
  • Harga yang rendah akan menarik penjualan. Co: (mobil bekas)
  • Harga rata-rata akan berarti Anda perlu untuk bersaing dengan pesaing Anda dengan cara Selain harga, misalnya memiliki produk kualitas yang lebih baik atau lebih baik promosi atau iklan. Contoh (mobil baru) 
Terdapat beberapa teknik didalam harga (Harga teknik)
  • Berbasis waktu – mengatakan cocok untuk memperbaiki mesin cuci dimana harga tergantung pada berapa lama pekerjaan yang diperlukan. Contoh bengkel
  • Biaya plus menghitung berapa banyak biaya untuk membuat sebuah produk yang kemudian tambahkan pada keuntungan. Contoh: salon
  • penetrasi harga. (penetrasi).
  • Dari bagian atas atau harga menggelapkan. (produk yang hanya sesaat saja)
  • Menghancurkan. (merusak produk saingannya)
  • Berorientasi pasar.
PLACE (tempat)
Place (tempat) adalah berbagai kegiatan perusahaan untuk membuat produk yang dihasilkan/dijual terjangkau dan tersedia bagi pasar sasaran. Tempat meliputi antara lain:
  • Ritel
  • Grosir
  • Mail order
  • Internet
  • Penjualan langsung
  • Rekan rekan
  • Multi-chanel 
Tidak peduli seberapa baik produk ini-itu harus berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat. Pembeli dan penjual datang bersama-sama dengan cara berikut:
  • Shop
  • Tunai dan bawa
  • Pasar kios
  • Belanja Tv saluran
  • Internet
  • Koran dan majalah
  • Mail order
  • Surat langsung
  • Toko pabrik

PROMOTION (promosi)
Promotion (promosi) adalah cara pelanggan memperhatikan produk yang diinginkan atau untuk mengiklankan suatu produk untuk dikenal oleh masyarakat luas. Di dalam berbagai kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk pada pasar sasaran. Variabel promosi meliputi antara lain:
  • sales promotion,
  • advertising,
  • sales force,
  • public relation, and
  • direct marketing.
Tujuan dari promosi yaitu :          
  • Pemesanan dari costumer
  • Informasi untuk costumer
  • Mengingat costumer.

Media untuk promosi yaitu :        
  • Televisi,
  • koran,
  • majalah,
  • radio,
  • cinema,
  • outdoor media,
  • internet,
  • direct mail.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar