MARKETING MIX
Marketing
mix adalah suatu alat yang tersedia untuk sebuah bisnis untuk melihat reaksi
kurang lebih untuk mencari target pasar dalam kaitannya dengan tujuan pemasaran
Terdapat
7 komponen didalam marketing mix yaitu:
- produk,
- harga,
- tempat,
- promosi,
- orang-orang,
- proses,
- lingkungan fisik
pada
dahulu terdapat 4 komponen karena perkembangan zaman diperluas menjadi 7 komponen untuk mencakup
pertumbuhan industri jasa.
PRODUCT
(produk)
Product
(produk) adalah segala sesuatu yang ditawarkan kepada masyarakat untuk
dilihat, dipegang, dibeli atau dikonsumsi. Produk dapat terdiri dari
- Design
- Teknologi
- Kegunaan produk
- Nilai
- Kualitas produk
- Pengemasan
- Kelengkapan
- Kelengkapan yang lainnya atau aksesoris
- Merek atau brand
- Garansi
Produk
produk ini sebenarnya item yang konsumen pembelian, termasuk Kemasan, Gambar,
iklan jaminan layanan purna jual.
Metode
yang digunakan untuk meningkatkan / membedakan produk dan meningkatkan
penjualan atau target penjualan lebih efektif untuk memperoleh keunggulan
kompetitif .
Adanya
Metode yang dipakai pada produk yaitu :
- Spesialisasi versi
- Edisi baru
- Strategi extensi : produk yang awet
- Peningkatan
- Kemasan yang berbeda
- Teknologi
PRICE
(HARGA) Harga
adalah sejumlah nilai tertentu untuk membayarkan produk atau service.
Apa
yang dimaksud dengan harga terbaik untuk produk?
- Pengisian harga yang tepat adalah bagian yang sangat penting dari bauran pemasaran.
- Berapa banyak Anda biaya akan tergantung pada
- Berapa biayanya Anda membuat produk Anda
- Berapa banyak pesaing Anda pengisian
- Apakah Anda sedang mencoba untuk memperkenalkan produk baru
- Gambaran yang di inginkan untuk produk yang di inginkan
Keputusan
harga
- Harga yang rendah akan menarik penjualan. Co: (mobil bekas)
- Harga rata-rata akan berarti Anda perlu untuk bersaing dengan pesaing Anda dengan cara Selain harga, misalnya memiliki produk kualitas yang lebih baik atau lebih baik promosi atau iklan. Contoh (mobil baru)
Terdapat
beberapa teknik didalam harga (Harga teknik)
- Berbasis waktu – mengatakan cocok untuk memperbaiki mesin cuci dimana harga tergantung pada berapa lama pekerjaan yang diperlukan. Contoh bengkel
- Biaya plus menghitung berapa banyak biaya untuk membuat sebuah produk yang kemudian tambahkan pada keuntungan. Contoh: salon
- penetrasi harga. (penetrasi).
- Dari bagian atas atau harga menggelapkan. (produk yang hanya sesaat saja)
- Menghancurkan. (merusak produk saingannya)
- Berorientasi pasar.
PLACE
(tempat)
Place
(tempat) adalah berbagai kegiatan perusahaan untuk membuat produk yang
dihasilkan/dijual terjangkau dan tersedia bagi pasar sasaran. Tempat
meliputi antara lain:
- Ritel
- Grosir
- Mail order
- Internet
- Penjualan langsung
- Rekan rekan
- Multi-chanel
Tidak
peduli seberapa baik produk ini-itu harus berada di tempat yang tepat pada
waktu yang tepat. Pembeli dan penjual datang bersama-sama dengan cara berikut:
- Shop
- Tunai dan bawa
- Pasar kios
- Belanja Tv saluran
- Internet
- Koran dan majalah
- Mail order
- Surat langsung
- Toko pabrik
PROMOTION
(promosi)
Promotion
(promosi) adalah cara pelanggan memperhatikan produk yang diinginkan atau
untuk mengiklankan suatu produk untuk dikenal oleh masyarakat luas. Di dalam
berbagai kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk
pada pasar sasaran. Variabel promosi meliputi antara lain:
- sales promotion,
- advertising,
- sales force,
- public relation, and
- direct marketing.
Tujuan
dari promosi yaitu :
- Pemesanan dari costumer
- Informasi untuk costumer
- Mengingat costumer.
Media
untuk promosi yaitu :
- Televisi,
- koran,
- majalah,
- radio,
- cinema,
- outdoor media,
- internet,
- direct mail.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar