Pada
pertemuan ke-2 tanggal 17 februari 2014 pada pukul 11.30 mata perkuliahan
manajemen pemasaran jasa pendidikan dimulai yang berada di ruang kelas 307,
pada kesempatan ini dosen kami pak amril Muhammad menjelaskan mengenai konsep
dasar manajemen pemasaran. Berikut adalah rangkuman penjelasan nya:
WHY
MARKETING STUDY ?
Salah
Satu alasan kenapa kita belajar
pemasaran karena pemasaran mempunyai peran yang sangat besar dalam pertumbuhan
dan perkembangan ekonomi. Pemasaran dapat merangsang penelitian serta ide-ide
yang baru dan yang akan menghasilkan barang dan jasa baru yang inovatif.
Pemasaran jugamemberikan pelanggan banyak pilihan dalam memenuhi kebutuhan
mereka, dan apabila pelanggan puas dengan produk yang digunakannya, maka
produsen produk tersebut akanmembuka lowongan pekerjaan baru bagi masyarakat.
Banyak
factor yang berkontribusi untuk membuat suatu bisnis yang sukses:
- Apa yang dinginkan pelanggan dan dibutuhkan pelanggan.
- Mempunyai komitmen yang kuat dalam fungsi-fungsi marketing.
- Perusahaan berbagi dan dan dedikasi perusahaan dapat memuaskan customer dan memahami customer, karena didalam marketing kepuasaan memenuhi kebutuhan para customer tetapi tidak semua orang tetapi target/hanya sekelompok orang.
- Perusahaan memotivasi organisasi itu/orang-orang didalam organisasi itu, bagaimana bisa menjadi pemimpin di tingkat tertinggi.
WHAT
IS MARKETING ?
Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial
yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan
inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang
bernilai dengan pihak lain.
Dan
dapat di artikan bawa needs or wants adalah berbeda needs ( kebutuhan) adalah
suatu keadaan merasa kekurangan atau kurang, sedangkan wants ( keinginan/ suatu
bentuk yang di ambil oleh kebutuhan manusia karena mereka dibentuk oleh budaya
dan kepribadian individu.
Dengan
pemasaran perusahaan berusaha menghasilkan laba dari penjualan barang dan jasa
yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan pembeli. Disinilah peran manajer
pemasaran dibutuhkan, dimana tugas dari manajer pemasaran adalah memilih dan
melaksanakan kegiatan pemasaran yang dapat membantu dalam pencapaian tujuan
organisasi.
Ada
beberapa filosofi di dalam marketing, yaitu:
Production
Concept (Konsep Produksi) : berkeyakinan bahwa konsumen konsumen akan
menyukai produk-produk yang tersedia dimana-mana harganya murah. Fokus utama
dari konsep ini adalah distribusi dan harga.
Product
Concept (Konsep Produk) : berpandangan bahwa konsumen akan menyukai
produk-produk yang memberikan kualitas , kinerja atau fitur inovatif terbaik.
Fokus utamanya ialah upaya penciptaan produk yang superior dan penyempurnaan
kualitas.
Selling
Concept (Konsep Penjualan) : berkeyakinan bahwa konsumen tidak akan
tertarik membeli produk dalam jumlah banyak jika mereka tidak diyakinkan dan
bahkan jika perlu di bujuk. Fokus utamanya adalah usaha promosi dan penjualan yang
agresif.
Marketing
Concept (Konsep Pemasaran) : berpandangan bahwa kunci untuk mewujudkan
tujuan organisasi terletak pada kemampuan organisasi dalam menciptakan,
memberikan, dan mengkomunikasikan Costumer value kepada pasar
sasarannya secara lebih efektif dibandingkan pesaing. Fokus utamanya adalah
pasar sasaran, kebutuhan pelanggan, pemasaran terintegrasi dan profitabilitas.
Social
Marketing Concept (Konsep Pemasaran Sosial) : berkeyakinan bahwa tugas
organisasi adalah menentukan kebutuhan , keinginan, dan minat pasar sasaran dan
memberikan kepuasan yang diharapkan secara elebih efektif dan
efisien dibandingkan pesaing.
PRODUCTS
Produk
ialah sesuatu yang dapat dipasarkan yang untuk di perhatikan, diperoleh,
penggunaan dan kebutuhan dan itu termasuk benda-benda fisik, jasa, orang,
tempat, organisasi dan gagasan. Atau dapat di artikan pula Produk adalah barang
atau jasa yang bisa ditawarkan di pasar untuk mendapatkan perhatian,
permintaan, pemakaian, atau konsumsi yang dapat memenuhi keinginan atau
kebutuhan.
Product
terbagi menjadi 2 :
- Berbentuk barang yang dapat dilihat dirasakan melalui panca indera
- Sesuatu yang sifat nya abstrak
produk
harus mempunyai :
- nilai
- satisfaction (kepuasaan)
- kualitas
- pertukaran
- transaksi
- hubungan
INDAH KUSUMA PRADINI
144512039
Manajemen pendidikan UNJ 2012 kelas A
Tidak ada komentar:
Posting Komentar