Jumat, 07 Maret 2014

KONSEP DASAR MANAJEMEN PEMASARAN JASA

Pada pertemuan ke-2 tanggal 17 februari 2014 pada pukul 11.30 mata perkuliahan manajemen pemasaran jasa pendidikan dimulai yang berada di ruang kelas 307, pada kesempatan ini dosen kami pak amril Muhammad menjelaskan mengenai konsep dasar manajemen pemasaran. Berikut adalah rangkuman penjelasan nya:

WHY MARKETING STUDY ?
Salah Satu alasan  kenapa kita belajar pemasaran karena pemasaran mempunyai peran yang sangat besar dalam pertumbuhan dan perkembangan ekonomi. Pemasaran dapat merangsang penelitian serta ide-ide yang baru dan yang akan menghasilkan barang dan jasa baru yang inovatif. Pemasaran jugamemberikan pelanggan banyak pilihan dalam memenuhi kebutuhan mereka, dan apabila pelanggan puas dengan produk yang digunakannya, maka produsen produk tersebut akanmembuka lowongan pekerjaan baru bagi masyarakat.

Banyak factor yang berkontribusi untuk membuat suatu bisnis yang sukses:
  1. Apa yang dinginkan pelanggan dan dibutuhkan pelanggan.
  2. Mempunyai komitmen yang kuat dalam fungsi-fungsi marketing.
  3. Perusahaan berbagi dan dan dedikasi perusahaan dapat memuaskan customer dan memahami customer, karena didalam marketing kepuasaan memenuhi kebutuhan para customer tetapi tidak semua orang tetapi target/hanya sekelompok orang.
  4. Perusahaan memotivasi organisasi itu/orang-orang didalam organisasi itu, bagaimana bisa menjadi pemimpin di tingkat tertinggi.

WHAT IS MARKETING ?
Pemasaran  adalah suatu proses sosial dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain.
Dan dapat di artikan bawa needs or wants adalah berbeda needs ( kebutuhan) adalah suatu keadaan merasa kekurangan atau kurang, sedangkan wants ( keinginan/ suatu bentuk yang di ambil oleh kebutuhan manusia karena mereka dibentuk oleh budaya dan kepribadian individu.
Dengan pemasaran perusahaan berusaha menghasilkan laba dari penjualan barang dan jasa yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan pembeli. Disinilah peran manajer pemasaran dibutuhkan, dimana tugas dari manajer pemasaran adalah memilih dan melaksanakan kegiatan pemasaran yang dapat membantu dalam pencapaian tujuan organisasi.

Ada beberapa filosofi di dalam marketing, yaitu:
Production Concept (Konsep Produksi) : berkeyakinan bahwa konsumen konsumen akan menyukai produk-produk yang tersedia dimana-mana harganya murah. Fokus utama dari konsep ini adalah distribusi dan harga.
Product Concept (Konsep Produk) : berpandangan bahwa konsumen akan menyukai produk-produk yang memberikan kualitas , kinerja atau fitur inovatif  terbaik. Fokus utamanya ialah upaya penciptaan produk yang superior dan penyempurnaan kualitas.
Selling Concept (Konsep Penjualan) : berkeyakinan bahwa konsumen tidak akan tertarik membeli produk dalam jumlah banyak jika mereka tidak diyakinkan dan bahkan jika perlu di bujuk. Fokus utamanya adalah usaha promosi dan penjualan yang agresif.
Marketing Concept (Konsep Pemasaran) : berpandangan bahwa kunci untuk mewujudkan tujuan organisasi terletak pada kemampuan organisasi dalam menciptakan, memberikan, dan mengkomunikasikan Costumer value kepada pasar sasarannya secara lebih efektif dibandingkan pesaing. Fokus utamanya adalah pasar sasaran, kebutuhan pelanggan, pemasaran terintegrasi dan profitabilitas.
Social Marketing Concept (Konsep Pemasaran Sosial) : berkeyakinan bahwa tugas organisasi adalah menentukan kebutuhan , keinginan, dan minat pasar sasaran dan memberikan kepuasan yang diharapkan secara elebih efektif  dan efisien dibandingkan pesaing.

PRODUCTS
Produk ialah sesuatu yang dapat dipasarkan yang untuk di perhatikan, diperoleh, penggunaan dan kebutuhan dan itu termasuk benda-benda fisik, jasa, orang, tempat, organisasi dan gagasan. Atau dapat di artikan pula Produk adalah barang atau jasa yang bisa ditawarkan di pasar untuk mendapatkan perhatian, permintaan, pemakaian, atau konsumsi yang dapat memenuhi keinginan atau kebutuhan.

Product terbagi menjadi 2 :
  1. Berbentuk barang yang dapat dilihat dirasakan melalui panca indera
  2. Sesuatu yang sifat nya abstrak

produk harus mempunyai :
  1. nilai
  2. satisfaction (kepuasaan)
  3. kualitas
  4. pertukaran
  5. transaksi
  6. hubungan

INDAH KUSUMA PRADINI
144512039
Manajemen pendidikan UNJ 2012 kelas A

Tidak ada komentar:

Posting Komentar