Jumat, 12 September 2014

RANGKUMAN PERKULIAHAN MANAJEMEN KEUANGAN (9-SEP-2014)

RANGKUMAN PERKULIAHAN MANAJEMEN KEUANGAN


Pada perkuliahan mata kuliah di semester 5 tanggal 9 september 2014  adalah mata kuliah tentang MANAJEMEN KEUANGAN yang di ajari oleh bapak amril Muhammad selaku juga dosen manajemen diklat kami pada semester 5 ini, pada pertemuan yang pertama diruang 306 pada hari selasa bapak amril Muhammad menjelaskan tentang arti dari suatu manjemen keuanngan, berikut  hasil dari rangkuman perkuliahan manajemen keuangan.

Pertama adalah manajemen keuangan yaitu suatu kegiatan keuangan yng berada di organisasi yang di dalam nya terdapat suatu planning, analisis dan pengendalian terhadap kegiatan keuangan yang dilakukan manajer keuangan, kemudian seluruh aktivitas kegiatan perusahaan yang berhubugan dengan upaya untuk mendapatkan dana perusahaan dengan meminimalkan biaya.

Selanjutya ada dari fungsi manajemen keuangan itu sendiri dapat menetapkan pengalokasian(investmen decision), memutuskan alternative biaya apabila terjadi suatu trouble atau masalah yang terjadi maka dapat dilakukan dengan menggunakan alternative biaya (financial decision), dan yang terakhir kebijakan dalam pembagian dividen(dividen decision).

investmen decision yang di maksud itu adalah suatu keputusan yang di ambil oleh manajer keuangan dalam pengalokasian dana dalam bentuk investasi yang dapat menghasilkan laba di masa yang akan datang. Financial decision dalam manajemen keuangan adalah suatu keputusan dalam melakukan pertimbangan dan analisis perpaduan antara sumber-sumber dana yang paling ekonomis bagi perusahaan untuk mendanai kebutuhan-kebutuhan investasi serta kegiatan operasional perusahaan, keputusan pendanaan akan tercermin dalam sisi pasiva perusahaan yang akan mempengaruhi financial struktur. Dividen decision adalah bagian dari keuntungan suatu perusahaan yang akan di bayarkan kepada para pemegang saham, kebijakan ini mempengaruhi financial struktur dan capital struktur.

Adapula di jelaskan tentang tujuan dari manajemen keuangan yaitu Memaksimalkan kesejahteraan pemilik perusahaan, Menjaga keberlangsungan hidup  perusahaan (going concert), Mencapai kesejahteraan hidup masyarakat sebagai tanggung jawab social. Dan adanya nilai perusahaan yaitu nilai perusahaan yang sudah go public tercermin  dalam harga pasar saham perusahaan, nilai perusahaan yang belum go public nilainya terealisasi apabila perusahaan akan dijual (total aktiva dan prospek perusahaan, resiko usaha, lingkungan usaha dll. )

Peran dari arti penting manajemen keuangan:
  • Fungsional perusahaan
  • Posisi manajer keuangan dalam struktur organiasi
  • Pengembangan karir manajer keuangan
  • Kesempatan karir
demikian rangkuman perkuliahan manajemen keuangan pada kali ini semoga dapat bermanfaat, sekian dan terima kasih.

INDAH KUSUMA PRADINI
1445120039
MP 2012 A

Tidak ada komentar:

Posting Komentar