RANGKUMAN PERKULIAHAN MANAJEMEN DIKLAT
(KERANGKA KOMPETENSI ABAD 21 DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN)
Pada pertemuan pertama di perkuliahan semester 5 ada nya
mata kuliah yaitu manajemen pelatihan, bapak amril Muhammad sebagai dosen yang
mengajar pada mata kuliah manajemen pelatihan. Pada tanggal 8-september-2014
perkuliahan di mulai di ruang 306 yang di awali dengan materi yang di paparkan
oleh bapak amril Muhammad.
Pertama menjelasakan tentang kerangka kompetensi abad 21 dan
implikasinya terhadap proses pembelajaran. Mata kuliah ini membahas tentang
pengertian manajemen pelatihan yang arti dari pelatihan itu sendiri adalah pengembangan
secara sistimatis pola sikap/pengetahuan/keahlian yang diperlukan oleh
seseorang untuk melaksanakan tugas atau pekerjaannya secara memadai, kemudian
di jelaskan mengenai kerangka kompetensi abad 21 pertama ada nya pada kehidupan
karir Kehidupan dan Karir harus Fleksibel dan adaptif, Berinisiatif dan mandiri, Keterampilan sosial dan budaya , Produktif dan
akuntabel, Kepemimpinan&tanggung
jawab, kedua Pembelajaran
dan Inovasi yang harus Kreatif
dan inovasi , Berfikir kritis di dalam menyelesaikan masalah, Komunikasi
dan kolaborasi. Dan yang terakhir bahwa
Informasi, Media and
Teknologi seharusnya menjadi Melek informasi, Melek
Media, Melek TIK maka
dari itu generasi yang akan di harus kan melek terhadap teknologi tetapi pada
kurikulum yang sekarang pelajaran TIK di hapuskan di dijadikan muatan local tetapi
bukan berarti di hapuskan hanya semua mata pelajaran lebih di aplikasikan pada
teknologi itu seperti penggunaan power point dan penggunaan teknologi lain yang
membantu berbagai pembelajaran yang ada di semua mata pelajaran.
Kemudian ada 3 point tentang tuntutan terhadap kompetensi
SDM yaitu pertama, Pengetahuan atau
wawasan global yang secara Konseptual
Yang berIntegratif& Aplikatif dan pula pengetahuan harus berOrientasi Pada
Solusi,Inovasi & Kreatifitas serta
memiliki Nilai-Nilai Universal (Lintas Budaya), kedua adalah Keterampilan
Global yang meliputi Komunikasi
Multi Budaya,Pemanfaatan Tek.informasi,
Pengembangan Intelectual+Emotional+
Adversity Skill, ketiga yaitu Sikap / Perilaku meliputi sikap yang harus
Dinamis &Flexible, Inisiatif & Proaktif, Inovatif & Kreatif , Mandiri
/ “Survive.
Selanjutnya di jelaskannya tentang pergesaran paradigma
belajar abad 21 pertama adanya informasi yang tesedia dimana saja dan kapan
saja yang tentu nya pembelajaran mengarahkan peserta didik di inginkan untuk
mencari tahu dari berbagai sumber observasi yang mereka teliti atau temui. Kedua
komputasi yang lebi cepat memakai mesin maka dari itu pembelajaran di arahkan
mampu merumuskan masalah dan bukan hanya menyelesaikan masalah. Ketiga otomasi
yang menjangkau segala pekerjaan rutin yang kemudian pembelajaran di arahkan
berpiir analistis bukan berpikir mekanistis. Dan yang terakhir komunikasi
pembelajaran menekankan kerjasama dan kolaborasi dalam menyelesaikan masalah.
sekian rangkuman perkuliahan manajemen diklat yang ada di kelas MP 2012 A semoga dapat bermanfaat, terima kasih
INDAH KUSUMA PRADINI
1445120039
MP 2012 A
Tidak ada komentar:
Posting Komentar